RENUNGAN HARI SABTU PASKAH II/A, 25 April 2020 1 Petrus 5:6B-14, Markus 16:15-20 (PESTA ST. MARKUS, PENGARANG INJIL)

Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya. ( Mrk 16:20)

Para sahabat yang terkasih dalam Tuhan kita Yesus Kristus.

Di akhir pekan ini, Gereja memperingati Pesta Santo Markus, Pengarang Injil dan Martir. Santo Markus adalah salah satu dari sekian banyak orang yang turut mewartakan Injil ke segala penjuru bukan pertama-tama dengan mulut, tetapi dengan mata pena, sehingga saat ini kita dapat mengenal Kristus dari Injil Markus.

Kenyataan ini, mau membahasakan bahwa Markus telah memanfaatkan kemampuannya, dalam hal menulis, untuk mewartakan Kristus. Tentu tetap di bawah bimbingan Roh Kudus. Kita yang juga sudah dianugerahi Allah begitu banyak talenta mesti mampu mewartakan Injil ke seluruh dunia. Ada yang pandai berbicara; pandai menulis; pandai bernyanyi; rajin bekerja; pandai berolah raga; pandai bermain musik; dan lain-lain. Talenta-talenta ini dapat kita gunakan, agar Injil Kristus dapat dibawartakan melalui diri dan talenta yang kita miliki.

Tantangan terbesar kita adalah terlalu menganggap remeh talenta yang kita miliki, sehingga kita mudah mengambil pilihan yang keliru, yaitu menguburkan talenta itu. Hal ini biasa terjadi karena kita selalu membandingkannya dengan talenta yang dimiliki orang lain.

Saudara-saudari terkasih. Tuhan tahu, kemampuan/talenta yang ada pada kita tidaklah banyak. Kalau mengulang Injil kemarin, kita hanya memiliki lima roti dan dua ikan. Namun, kita percaya, Allah senantiasa menyertai kita dan akan melipatgandakan talenta yang kita miliki, sehingga Injil Kristus dapat diwartakan ke segala penjuru dunia. Salam optimis.

Penulis: risnomaden88

Lahir di Manggarai Barat, Reweng, 04 Juni 1988, anak pertama dari empat bersaudara. Ayah bernama Mateus Maden (+) dan mama bernama Lutgardis Nggale. Riwayat Pendidikan, pembinaan, dan tugas: 1993-1994: TK St. Familia Wae Nakeng. Tahun 1994-2000: SDI Wae Nakeng. Tahun 2000-2003: SMPN 1 Lembor. Tahun 2003-2007: Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo (KPB Angkatan I) & SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo. Tahun 2007-2008: TOR Lela, Maumere. Tahun 2008-2012: Studi Filsafat di STFK Ledalero, Maumere. Tahun 2012-2014: TOP di SMP-SMA YPPK Seminari Petrus van Diepen Sorong, Papua Barat. Tahun 2014-2016: Studi S2 Teologi di STFK Ledalero. Pada tanggal 05 Juni 2016: Tahbisan Diakon di Ritapiret. Tanggal 18 November 2016: Tahbisan Imam di Gereja Katedral Ruteng. Tahun 2016-2017: menjadi Pastor Rekan di Paroki Tritunggal Mahakudus Ranggu. Tahun 2017 sampai 2019: menjadi Pastor Rekan di Paroki Katedral Ruteng. Sejak tanggal 29 September 2019 hingga saat ini menjadi Pastor Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s